Pada 9 September lalu telah sukses dilaksanakannya INCRID 2021 secara daring melalui platform Zoom dan YouTube. Acara ini diikuti oleh peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, akademik, peneliti, dan pemerhati lingkungan serta dihadiri oleh dekan Fakultas Teknik dan wakil rektor Universitas Diponegoro. Selain itu, pada acara INCRID 2021 ini turut menghadirkan keynote speakers dari 5 negara yaitu

  1. Prof. M. N. V. Prasad dari University of Hyderabad-India
  2. Prof. Takanobu Inoue dari Toyohashi University of Technology-Jepang
  3. Prof. Ashanta Goonetilleke dari Queensland University of Technology-Australia
  4. Prof. Hsin-Hsin Tung dari National Taiwan University-Taiwan
  5. Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA dari Universitas Diponegoro, dan
  6. A. Suko Widigdo, S.T., M. Eng. selaku Operational Direction dari PT Adhi Karya.

       INCRID 2021 ini mengangkat tema “Research and Innovation in Environmental Towards Sustainability in Discruptive and Post-global Pandemic Situation”. Pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh keadaan lingkungan saat ini yang sedang menghadapi banyak permasalahan. Salah satunya dengan adanya wabah pandemi covid-19 ini menyebabkan munculnya hal-hal baru yang memerlukan perhatian khusus. Sebagai contoh, kesadaran akan pentingnya mitigasi bencana. Maka dari itu, penanganan pandemi ini juga menjadi tantangan baru yang akan dihadapi lingkungan dan perlu diselesaikan. Dengan bertambahnya tantangan-tantangan baru tersebut, INCRID 2021 diharapkan dapat menjadi wadah diskusi mengenai tantangan tersebut dan bagaimana solusinya.

       Pada pelaksanaannya, adapun benefit yang didapatkan dari mengikuti rangkaian acara INCRID yaitu mendapatkan ilmu dari berbagai perspektif negara lain serta mendapatkan relasi dengan orang yang memiliki ketertarikan ilmu yang sama.

       Tahun ini merupakan tahun kedua INCRID dilaksanakan secara daring, yang tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi panitia penyelenggara. Menurut Felicia Melinda sebagai ketua divisi acara INCRID 2021, “Kami sangat menyayangkan INCRID 2021 tidak dapat dilaksanakan secara langsung dikarenakan pandemi covid-19 ini. Penyesuaian pola penyampaian informasi merupakan salah satu tantangan yang kami hadapi. Kami berusaha menciptakan pola informasi yang baik agar peserta dapat menerima informasi secara maksimal. Kami harap dengan pola penyampaian informasi ini peserta dapat menerima informasi sebaik jika acara diselenggarakan secara offline”. Selain itu, menurut ketua pelaksana acara INCRID 2021 yaitu Arlita Salsabila mengatakan bahwa sulit menemukan pembicara yang cocok karena adanya perbedaan alokasi waktu untuk pembicara dari negara lain, “Salah satu tantangan yang kami hadapi yaitu sulitnya untuk menemukan waktu yang cocok dengan pembicara karena adanya perbedaan waktu speaker di negara lain”.