Semarang (23/6) – Departemen Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro. Forum Insinyur Muda, Persatuan Insinyur Indonesia bekerja sama dengan UNIKA Soegijapranata Semarang menyelenggarakan Seminar & Workshop Nasional dengan tema “Peran Insinyur Muda Terhadap Pembangunan Lingkungan Hijau” pada hari Sabtu, 11 Juni 2022, di Gedung HC Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata, Semarang.

Ir. Andika Pradifan, S.T., IPP., selaku Ketua FIM PII Jawa Tengah dan merupakan alumni Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro angkatan 2010 beserta Amin Suprayoga, S.Tr.T., sebagai Ketua Panitia menyatakan bahwa seminar ini diadakan sebagai bagian dari mempersiapkan calon insinyur di masa depan dalam menyikapi isu lingkungan. “Kami ingin ke depannya para insinyur tidak hanya berfokus dengan bangunan fisik, namun juga berperan untuk lingkungan dan keberlangsungan alam,” ungkapnya.
Dalam workshop kali ini, Dr. Ling. Ir Sri Sumiyati, S.T., M.Si., IPM. merupakan dosen Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro tidak sendiri melainkan menggandeng Bank Sampah Gedawang Asri dalam pembuatan kotak takakura dan eco enzyme sebagai teknologi dalam mengelola limbah rumah tangga menjadi hal yang lebih bermanfaat. Saat ini masih banyak limbah yang dibuang dan tidak dimanfaatkan, justru merusak lingkungan. Sehingga melalui Bank Sampah Gedawang Asri, beliau mampu mengajak warga sekitar dalam mengolah sampah rumah tangga. Dan saat ini Bank Sampah Gedawang Asri membawahi 10 Bank sampah lainnya di tingkat Rukun Warga (RW).Selain dihadiri secara luar jaringan (luring) oleh mahasiswa program studi Teknik Sipil maupun Arsitektur dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Semarang, seminar juga bisa disimak secara dalam jaringan (daring) melalui Zoom Meeting yang diha diri lebih dari 70 peserta daring. Tidak hanya memberikan ilmu dari dalam ruangan, peserta juga diajak berpartisipasi dalam menjaga lingkungan melalui penanaman 750 bibit mangrove di Pantai Mangunharjo Mangkang kota Semarang setelah Seminar dan Workshop Nasional.

Seminar, workshop dan penanaman mangrove ini juga terlaksana dalam rangka memperingati HUT 70 PII dan dilanjutkan rapat kerja FIM PII Jawa Tengah 2021-2024 yang diselenggarakan di Hotel Grasia Kota Semarang pada Minggu, 12 Juni 2022. Tidak lupa juga Ketua FIM PII Jateng yaitu Ir. Andika Pradifan, S.T., IPP. berterima kasih kepada almamater Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro dan PSPPI Universitas Diponegoro yang sudah memberikan support dan dukungan yang sangat diluar ekspektasi para panitia penyelenggaraan acara.